Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya

Keindahan interior dan eksterior suatu bangunan sangat dipengaruhi oleh cat tembok yang digunakan. Bukan hanya dari segi warna, tapi juga jenis cat tembok yang digunakan. Bahkan ternyata jenis cat tembok tidak hanya dibedakan menjadi cat interior dan eksterior. Masih ada banyak jenis cat tembok yang bisa Anda temui di pasaran dan tentunya memiliki fungsi berbeda. Berikut beberapa di antaranya yang penting untuk Anda ketahui.

Cat Primer

Jenis Cat Tembok

Kebanyakan tembok bangunan dicat dalam warna-warni tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa sebelum mengaplikasikan cat berwarna, biasanya tembok terlebih dulu dipasangi cat primer. Umumnya, cat primer yang dijual di pasaran dibuat dari bahan dasar minyak atau air. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melekatkan bahan tembok bangunan dengan cat setelahnya, baik itu tembok dari bahan besi, kayu, atau plester.

Cat Akhir

Jenis Cat Tembok

Sesuai namanya, biasanya cat akhir memang diaplikasikan pada tahap akhir pengecatan tempok. Fungsi dari jenis cat tembok satu ini adalah untuk menonjolkan warna cat dinding yang sudah diaplikasikan sebelumnya agar tampak lebih indah. Dibuat dengan campuran akrilik resin dan vinyl serta bahan dasar air, cat akhir idealnya punya daya tahan cukup tinggi. Umumnya, cat akhir digunakan untuk tembok bagian interior bangunan.

Cat Top Coat

Jenis Cat Tembok

Fungsi dari cat top coat sebetulnya agak mirip dengan cat akhir karena sama-sama diaplikasikan pada tahap akhir. Bedanya, cat top coat atau clear coat lebih umum digunakan pada pengecatan sistem metalik. Tujuannya adalah memberikan efek mengkilap atau glossy pada tembok dengan base coat metalik.

Cat Undercoat

jenis cat tembok

Dibuat dengan bahan dasar minyak, jenis cat tembok satu ini biasanya diaplikasikan setelah cat primer. Cat undercoat, atau yang juga dikenal dengan cat dasar, berfungsi untuk menghaluskan permukaan tembok yang sudah dilapisi cat primer. Selain itu, cat undercoat inilah yang juga membantu melindungi cat primer dari pengaruh sinar matahari. Dengan begitu, cat tembok kamu pun bisa lebih tahan lama.

Cat Polyurethane

jenis cat tembok

Jika Anda tidak menemukan cat polyurethane di toko cat atau bangunan, biasanya cat ini juga bisa disebut dengan cat PU. Bagi Anda yang ingin menciptakan efek glossy pada tembok, maka cat PU inilah yang Anda butuhkan. Jenis cat ini terkenal memiliki kualitas premium sehingga mampu menahan paparan panas sinar matahari dan bahan kimia. Tidak mengherankan jika akhirnya cat ini punya kualitas kuat, keras, dan tahan gores.

Cat Remover

jenis cat tembok

Apakah Anda ingin mengganti cat tembok dengan warna lain? Jangan langsung menimpa cat lama dengan cat baru, Anda disarankan untuk mengelupas cat lama menggunakan cat remover terlebih dulu. Bagi yang belum tahu, cat remover mengandung emulsi dari berbagai bahan kimia yang memang dirancang untuk mengelupas cat lama. Jadi, dengan menggunakan cat remover, kamu pun tidak perlu lagi mengerik tembok sampai cat menghilang.

Wall Sealer

Jenis Cat Tembok

Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai cat yang sering digunakan sebagai lapisan dasar pada tembok. Nah, salah satu produk cat tersebut adalah wall sealer. Fungsi dari jenis cat tembok ini adalah membuat pori-pori dinding lebih terisi agar hasil cat temboknya nanti bisa lebih halus. Dengan tembok yang terasa lebih halus, maka proses pengecatan akhir pun akan lebih mudah dilakukan.

Jika Anda berada di Jabodetabek dan mencari jasa pengecatan rumah berkualitas, kunjungi Jasacat.com. Mereka menawarkan layanan pengecatan profesional dengan hasil yang memuaskan. Hubungi kami via email ke: [email protected] atau nomor whatsapp di 0813 2222 1884 untuk informasi lebih lanjut. Jadikan rumah impian Anda nyata dengan desain interior yang memikat dan warna yang sesuai selera!

JasaCat

Leave a Comment