Implementasi Pilihan Cat Eksterior dan Konsep Desain Arsitektur

Properti itu identik dengan desain dan gaya sebuah bangunan.  Dimana konsep itu pada akhirnya akan menjadi salah keunggulan yang akan membuat sebuah bangunan terlihat menarik. Namun kesemua itu tidak akan sempurna jika implementasi pilihan cat eksterior dan konsep desain arsitekturnya tidak bersinergi dengan baik.  Sehingga memang untuk mewujudkannya perlu adanya satu harmonisasi antara aplikasi produk dengan konsep desain yang di pilih.

Karena memang dalam dunia properti dan konstruksi, kita bisa kenal beberapa konsep desain dan gaya arsitektur. Dimana keberadaan gaya itu bisa berkembang juga dengan melihat perkembangan produk bahan bangunan yang terjadi dalam satu kondisi tertentu. Ambil contoh misalnya pilihan cat eksterior yang terjadi pada produk finishing cat .  Hal itu bisa terjadi setiap tahunnya karena  melihat aktivitas dan peran para pelaku bisnis properti baik arsitek, interior desain, pengembang atau kontraktor serta pemerhati properti lainnya menggunakan tren warna tersebut untuk menunjang pekerjaan yang mereka jalankan.

Itulah sebabnya, setiap tahun produk finishing cat selalu menghadirkan tren warna yang bisa di jadikan sebagai acuan bagi pelaku properti dan konstruksi.  Karena hal itu juga akan berhubungan dengan keberadaan gaya arsitektur dan interior dari sebuah bangunan.

4 Gaya Arsitektur dalam Industri Properti dan Konstruksi di Indonesia

pilihan cat eksterior

Nah untuk menjelaskan lebih jauh seperti apa karakter dan ciri khas dari beragam gaya arsitektur  rumah. Berikut kami sajikan 4 gaya desain arsitektur  yang bisa jadi acuan anda dalam mendesain :

pilihan cat eksterior
  1. Ciri khas Gaya Desain Minimalis: Salah satu cirinya dari konsep bangunan yang mengusung model bangunan minimalis, maka konsep  bangunannya menggunakan dak beton. Selain itu bangunannya akan berbentuk sederhana dengan  tanpa adanya ornamen yang menghias bangunan tersebut.
  2. Ciri khas Gaya Desain Modern: Untuk bangunan yang mengusung gaya desain bangunan modern, konsepnya sepintas akan sama dengan gaya  minimalis. Tetapi ada beberapa hal yang tetap membuatnya berbeda yaitu rumah modern memiliki bentuk atap segitiga, sedangkan rumah minimalis identik dengan atap dak beton (atap rata).
  3. Ciri khas Gaya Desain Klasik: Dari namanya saja kita sudah bisa menduga konsep bangunan dengan model gaya klasik.  Jelas untuk membedakannya kita akan bisa melihatnya dari banyaknya  ornamen yang melekat kuat pada bagian rumahnya.  Seperti bangunan bangunan pada zaman romawi dan yunani kuno.
  4. Ciri khas Gaya Desain Kontemporer: Ciri khas dari model bangunan yang mengusung gaya kontemporer. Biasanya rumah-rumah dengan gaya seperti ini akan mengikuti kondisi yang ada pada masa sekarang atau kekinian sehingga konsepnya rumah masa kini.

Jika konsepnya saja sudah berbeda-beda, maka ketika salah dalam menentukan konsep desainnya maka yang terjadi adalah kebohongan desain.  Dan ini akan berdampak pada kesalahan dalam mengimplementasikan produknya juga.  Sehingga cara terbaik adalah, jika memang kita ingin dalam satu konsep memiliki beberapa desain, cobalah untuk menggabungkan dari beberapa konsep seperti Minimalis Modern, atau Minimalis Klasik dan Modern Kontemporer.

Pilihan Implementasi Produk Cat pada Properti Anda

pilihan cat eksterior

Setidaknya dengan beragamnya  jenis produk finishing cat yang ada, kita harus bisa membedakan mana produk yang tepat untuk kita gunakan.  Sehingga pada saat implementasi pilihan cat eksterior kita tidak salah dalam penggunaan produk-produk tersebut. 

Variasi Cat Tembok

  1. Cat Alkyd Synthetic: Secara spesifikasi produk, jenis cat alkyd synthetic jenis cat yang hasilnya mengilap. Karena memiliki fungsi beragam, selain untuk cat kayu atau besi cat ini bisa dipakai untuk cat interior maupun eksterior.
  2. Cat Emulsi Styrene Acrylic: Berisi campuran aklirik yang baik, sehingga cocok untuk pengecatan media yang sering terkena cuaca ekstrem dan masalah jamur dinding. Digunakan untuk mengecat beton, batako, asbes, permukaan plesteran, maupun panel tripleks.
  3. Cat Wall Sealer: Mampu untuk menutupi pori-pori permukaan dinding yang diplester. Dinding jadi lebih sempurna setelah di lapisi cat. Tetapi  tujuan  utama dari penggunaan cat ini adalah untuk mencegah terjadi perembesan pada dinding yang telah selesai dicat.
  4. Cat Zinc Chromate Primer: Mampu menahan karat dari media yang berasal dari logam atau besi. Karena dalam komponen cat ini mengandung Zinc Chromate primer, seperti namanya, memiliki kandungan zinc (seng) yang bagus untuk mencegah karat.
  5. Cat Duco: Digunakan untuk melapisi bagian dari sebuah permukaan media yang kurang rapat atau terbuka. Jenis cat duco atau dempul ini paling banyak di pakai untuk implementasi cat untuk menutup bagian permukaan dan memiliki kerapatan yang lebih tinggi. Sehingga pada saat proses selanjutnya atau finishing bisa lebih mudah dan halus.
  6. Cat Polyurethane: Mampu membuat permukaan memiliki efek mengkilat, permukaan jadi lebih halus.Cat yang memiliki daya lindung tinggi serta mampu tahan terhadap goresan ini merupakan cat yang memiliki wujud transparan.

Jasacat.com adalah pilihan terbaik untuk jasa pengecatan eksterior di Jabodetabek. Dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan produk berkualitas, Jasacat.com siap membantu mewujudkan tampilan eksterior impian Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami melalui email ke: [email protected] atau nomor whatsapp di 0813 2222 1884.

JasaCat

Leave a Comment