Tips Pengecatan Dinding yang Baru Diplester

Dinding yang baru diplester memberikan kesempatan yang menarik untuk menciptakan tampilan segar dan memikat di dalam ruangan. Namun, proses pengecatan pada dinding yang baru saja diplester memerlukan perhatian khusus agar hasilnya optimal dan tahan lama. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips praktis yang dapat membimbing Anda dalam pengecatan dinding yang baru diplester dengan tepat. Mulai dari persiapan permukaan hingga pemilihan cat yang sesuai, setiap langkah memiliki peran penting untuk mencapai hasil pengecatan yang profesional dan estetis. Jadi, mari kita eksplorasi bersama bagaimana meraih hasil terbaik untuk pengecatan dinding yang baru saja mengalami proses plesteran.

Tips Pengecatan Dinding

Langkah Mengecat Dinding

Berikut langkah-langkah mengecat dinding yang baru diplester.

Biarkan plester mengering

Tips Pengecatan Dinding

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mengecat plester baru adalah membiarkannya kering. Biarkan plester benar-benar mengering selama seminggu dan menghilangkan semua tambalan basah. Setelah plester kering, plester harus cerah tanpa bintik-bintik gelap serta tampilan yang konsisten pada seluruh bagian. Plester akan lebih cepat mengering dengan pemanas atau membuka jendela. Mencoba menerapkan cat pada plester basah dapat menyebabkan masalah adesi atau melekat pada benda lain.

Menerapkan emulsi ke plester basah juga bisa membuatnya tidak menempel dengan benar dan itu bisa terkelupas dari dinding. Selain itu, pengecatan pada plester kering dapat menyebabkan cat mengering dengan sangat cepat sehingga membuat Anda memiliki sapuan kuas yang tidak teratur dan hasil akhir yang tidak rata. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menerapkan cat emulsi. Setelah plester mengering, letakkan lembaran plastik dan gunakan selotip untuk melindungi perlengkapan apa pun karena menerapkan cat emulsi bisa sangat berantakan.

Campurkan cat emulsi

Tips Pengecatan Dinding

Cat emulsi berfungsi sebagai primer. Untuk cat menempel sempurna, dinding memerlukan kelembapan ekstra. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan primer berbasis air dalam membuat lapisan cat emulsi ini. Untuk membuat lapisan cat emulsi, campurkan tiga bagian emulsi dengan satu bagian air. Periksa kaleng cat untuk petunjuk pabrik karena rasio dapat bervariasi. Anda tidak harus menggunakan cat yang sama persis dengan yang dipilih untuk lapisan akhir, tetapi harus menggunakan warna yang sama untuk hasil akhir yang rata.

Oleskan lapisan emulsi dan biarkan kering

Tips Pengecatan Dinding

Ada dua cara berbeda untuk mengaplikasikan lapisan cat emulsi. Jika memilih menggunakan roller, Anda akan menutupi dinding lebih cepat, tetapi akan sangat berantakan karena roller dapat memerciki cat dengan sangat mudah. Sebagai alternatif, gunakan kuas meski memakan waktu lebih lama dan terkena banyak tetesan. Perlu diketahui, lapisan cat emulsi ini sangat encer sehingga setiap kali melihat tetesan atau goresan, segera mengecatnya untuk mencegahnya mengering dan merusak hasil akhir yang sempurna.

Oleskan cat lapisan atas

Setelah lapisan emulsi mengering, Anda dapat mendekorasi dinding. Tidak perlu mengampelas dinding karena sudah melakukan semua persiapan. Oleskan cat dalam gerakan V untuk cakupan yang merata. Untuk hasil terbaik, Anda perlu mengoleskan lebih dari satu lapisan.

Tips Pengecatan Dinding

Jika Anda berada di Jabodetabek dan mencari jasa pengecatan rumah berkualitas, kunjungi Jasacat.com. Mereka menawarkan layanan pengecatan profesional dengan hasil yang memuaskan. Hubungi kami via email ke: [email protected] atau nomor whatsapp di 0813 2222 1884 untuk informasi lebih lanjut. Jadikan rumah impian Anda nyata dengan desain interior yang memikat dan warna yang sesuai selera!

JasaCat